10 Langkah Menjadi TANGGUH

Tangguh adalah kemampuan untuk menghadapi tekanan dengan baik, menghadapi rintangan secara efektif, merespon perubahan dan tantangan dengan baik, dan pada dasarnya, bangkit kembali. Tangguh merupakan sebuah kemampuan dan kapasitas, itu artinya TANGGUH bisa dikembangan.

Orang-orang tangguh adalah orang-orang yang berorientasi pada tujuan, yang memberi mereka alasan untuk bangkit kembali dan terus berjalan dalam menghadapi kesulitan. Mereka tidak mudah menyerah. Orang-orang tangguh menyadari kekuatan mereka sendiri dan mereka tahu bahwa mereka bisa mengandalkan diri mereka sendiri untuk melakukan apa pun yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, meskipun mereka harus mengerjakannya sendiri.

Bagaimana cara untuk mengembangkan ketangguhan? Emma-Sue Prince dalam bukunya “The Advatage” menjabarkan 10 langkah untuk menjadi tangguh sebagai berikut:

  1. Dapatkan Perspektif

Hidup akan selalu penuh dengan tantangan, rintangan dan kesulitan. Dalam setiap kehidupan pasti ada masa-masa sulit. Pada akhirnya kita bisa memilih cara kita berfikir, merasa dan bertindak dalam merespon keadaan-keadaan. Mungkin terkadang terasa sangat sulit untuk melakukan hal tersebut, tetapi setiap kita memiliki kapasitas untuk bisa melakukannya. Semakin sering Anda melakukannya akan semakin baik Anda dalam menanggapinya. Terus pertanyakan :“Apa yang dapat saya pelajari dari pengalaman ini?”, “Apa hal yang paling penting dalam situasi ini?” dan “cara lain apa yang bisa saya pilih untuk melihat situasi ini”. Semakin baik pertanyaan yang kita pertanyakan, akan semakin baik jawabanya nanti. Gunakan pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan perspektif yang tepat untuk mengatasi suatu situasi. Berupayalah dan luangkan waktu untuk melakukan hal tersebut. Bijaksanalah dalam menentukan apa yang Anda lakukan dan keputusan yang Anda buat.

  1. Jangan Berkubang Dalam Lumpur

Pikirkan tentang apa yang terjadi dalam badai yang benar-benar buruk. Jika Anda hanya melihat lumpur di tanah, Anda tidak akan bisa melihat langit biru yang ada di atas Anda. Lumpur itu adalah masa lalu Anda. Tinggalkan dan jangan terus terpuruk. Halangan pribadi dapat menghalangi Anda melihat potensi sejati yang ada dalam diri Anda dan melihat peluang-peluang baru.

  1. Minta Pertolongan

Ini tentang menciptakan jaringan yang mendukung disekitar Anda. Orang-orang yang tangguh dan sukses biasanya mencari dukungan yang tepat untuk memecahkan masalah atau untuk membantu dirinya sendiri. Ini seperti memiliki penasehat pribadi. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang karakter dan pendapatnya Anda hargai dan percayai. Bergabunglah dengan klub-klub dan jaringan sosial yang memang Anda minati dan sesuai dengan nilai-nilai yang Anda anut.

  1. Ketahui Kekuatan Anda-Percaya dan Gunakan Kekuatan Anda

Penting untuk mengetahui dimana letak kepandaian dan keunggulan Anda. Begitu banyak orang yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak benar-benar tepat untuk mereka. jika Anda tidak yakin dimana letak kemahiran Anda, caritahu lah!. Cobalah hal-hal baru! Gunakan alat diagnosis yang dapat membantu memahami kepribadian dan karakter Anda. Orang terbaik untuk mengenal Anda adalah Anda sendiri.

  1. Biarkan Pilihan Anda Tetap Terbuka

Ada lebih banyak kemungkinan dan peluang dari yang mungkin kita pikirkan, hanya jika kita cukup membuka diri untuk kemungkinan dan peluang tersebut. Mulailah dengan mengetahui apa arti kesuksesan dan kebahagaian sesungguhnya bagi Anda. Jika ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, cari pendekatan lain untuk situasi tersebut. Jika Anda sedang berusaha untuk membuat suatu hal yang baru, teruslah coba dengan cara yang berbeda ketika Anda mengalami rintangan atau hambatan. Adopsi sikap yang tidak pernah menyerah.

  1. Bangun Sikap Proaktif dalam Khidupan Anda

Jika Anda proaktif, maka Anda akan mendahului kesulitan-kesulitan dengan tindakan Anda. Dengan kata lain, meminta pertolongan ketika Anda membutuhkannya atau membaut beberapa perubahan dan pekerjaan Anda. Berlatihlah menafsirkan peristiwa dengan cara yang optimis dan berfokus pada  tindakan positif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan atau mengubah situasi, apapun situasinya.

  1. Menjaga Diri Sendiri

Ini artinya bertanggungjawab untuk kesehatan mental dan fisik Anda. Cukup tidur, jaga keseimbagan, jaga pola makan, olahraga secara rutin, pijat atau bekam, sehingga Anda secara fisik tangguh dan waspada-ada hubungan yang kuat antara tubuh dan pikiran.

  1. Fokus Pada Apa Yang Bisa Anda Ubah dan Menerima Apa Yang Tidak Bisa Anda Ubah

Stephen Covey menyebut hal ini dengan “tempat kontrol” Anda. Artinya tidak membuang-buang waktu dan energi pada faktor-faktor diluar kendali Anda dan mengetahui hal-hal apa saja yang dapat Anda kendalikan dan apa yang tidak bisa.

  1. Rayakan Kegagalan

Kembangkan sikap sunguh-sungguh merayakan kegagalan. Mengapa? Karena kegagalam bisa menjadi landasan perubahan Anda. Kegagalan adalah cara terbaik untuk benar-benar mempelajari segala hal, dan membangun kesadaran diri. Ambillah pelajaran dari kegagalan dan lakukan hal yang berbeda lain kali.

  1. Ambil Lebih Banyak Resiko

Di dunia yang berubah secepat perubahan kita sendiri, hal paling beresiko yang dapat Anda lakukan adalah menjadi stabil dan tidak mengambil resiko sama sekali. Ingat, kesalahan-kesalahan yang Anda buat akan membuat Anda menjadi semakin tangguh. Berlatihlah untuk mengatakan “ya” kepada peluang-peluang dan tantangan. Resiko yang Anda ambil akan dapat menambah kepercayaan diri. Cobalah untuk merencanakan resiko setiap hari dan setiap minggu, dan kembangkanlah hal itu.

This entry was posted by admin on Tuesday, August 30th, 2016 at 9:30 pm and is filed under Manajemen . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories