7 Rahasia Membangun Kebiasan Yang Baik

Membangun kebiasaan baik sangatlah sulit. Hampir setengah dari pelaku diet menyerah dalam waktu satu minggu. Empat puluh persen dari pelaku diet berhenti dalam waktu satu minggu dan lebih dari 50 persen berakhir dengan berat badan lebih dari sebelumnya.

Jadi apa ada cara yang benar-benar bisa membantu? Apakah ada yang memiliki jawaban yang bisa membuat perubahan langgeng tiga kali lebih meyakinkan untuk sukses?, ya.

Dr. Sean Young adalah seorang profesor di sekolah kedokteran UCLA dalam bukunya berjudul  Stick with It: A Scientifically Proven Process for Changing Your Life-for Good. Memberikan tips sebagai berikut:

  1. Langkah kecil mengalahkan mimpi besar

Anda bermimpi tentang tubuh yang atletis atau seksi. Impian besar memang sangat  menarik … tapi sekaligus juga mengintimidasi. Dan itulah mungkin sebabnya mengapa mimpi biasanya hanya tinggal mimpi.

Fokuslah pada langkah kecil, bukan pada mimpi yang besar, maka Anda akan memperoleh kemajuan

Intinya adalah untuk membentuk kebiasaan. Dan kuncinya adalah konsistensi. Konsistensilah dalam hal yang paling penting karena tanpa konsistensi, maka tidak akan pernah ada kebiasaan. Dan lebih mudah bersikap konsisten pada sesuatu hal yang kecil.

Buatlah menjadi kecil. Untuk menciptakan kebiasaan baru, Anda harus menyederhanakan perilaku. Membuatnya menjadi kecil, bahkan kadang terlihat konyol. Sebuah perilaku kecil yang baik akan mudah untuk dilakukan – dan cepat.

  1. Mintalah bantuan

Ketika orang ingin membuat perubahan besar dalam hidup mereka membutuhkan banyak orang, bukan hanya satu orang.

Mintalah bantuan, itu akan dapat membuat perubahan yang besar.

Beradalah di sekitar orang-orang yang melakukan apa yang Anda ingin lakukan. Dukungan sosial dan kompetisi sosial akan membuat perubahan lebih cepat.

Mengutip sebuah pepatah tua, “Jika Anda ingin pergi cepat, pergilah sendiri. Jika Anda ingin pergi jauh, pergilah bersama-sama.”

  1. Tanya lah “Mengapa Ini Penting?”

Tanyakan kepada diri sendiri, “Mengapa hal ini penting?” “dan jawaban yang mana yang akan membuat Anda termotivasi? Sean mengatakan 3 poin penting bagi focus Anda adalah: Uang, Jaringan sosial dan kesehatan.

Jadi pertimbangkanlah bagaimana kebiasaan baru Anda mungkin akan menyebabkan Anda untuk mendapatkan (atau tidak kehilangan) uang tunai. Bagaimana Meningkatkan hubungan sosial Anda. Atau bagaimana manfaat bagi kesehatan Anda. Ketiga hal ini akan membuat kebiasaan baru Anda menjadi bermakna, dan itu akan membuat Anda termotivasi.

  1. Buatlah menjadi mudah

Semakin banyak rintangan yang harus Anda lalui untuk mencapai sesuatu, semakin kecil kemungkinan Anda melakukannya. Jadi singkirkan sebanyak mungkin rintangannya.

Shawn Achor, penulis buku terlaris The Happiness Advantage, memiliki “Aturan 20 Detik”. Sebagai berikut:

Jika Anda dapat memulai kebiasaan positif  dalam tiga sampai 20 detik, Anda secara mengejutkan akan terus untuk melakukannya. Dan Anda dapat melakukan hal yang sama untuk membuang kebiasaan buruk/ negatif.

  1. Beraksi sebelum berpikir

Anda membaca semua hal, mempertimbangkan banyak hal, memikirkan banyak hal,… Tapi Anda tidak melakukannya.

Jangan coba mengubah pikiran Anda agar perilaku Anda berubah. Ubahlah perilaku Anda terlebih dulu dan pikiran Anda akan dengan senang hati mengikuti.

Bahwa perilaku mengontrol pikiran adalah dasar bagi banyak buku psikologi terlaris populer. Mereka mengajarkan bahwa orang bisa mengubah perilaku dengan membayangkan dan kesediaan untuk mengubahnya. Ini salah. Kebanyakan perokok tidak bisa berhenti hanya dengan membayangkannya. Orang tidak akan melakukan “Resolusi Tahun Baru” mereka hanya dengan mengatakan kepada diri mereka sendiri untuk melakukan perubahan tahun ini dibandingkan tahun kemaren. Psikolog sosial sekarang tahu bahwa itu bukanlah suatu kebenaran. Orang perlu mengubah tindakan mereka terlebih dulu dan pikiran mereka akan mengikuti.

Seringkali, jika kita ingin mengubah siapa diri kita yang kita pikirkan, salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengubah perilaku kita terlebih dahulu. Jika kita ingin menjadi sedikit lebih ekstrovert, maka bertindaklah seperti itu untuk sementara waktu. Paksakan diri kita untuk bertindak secara ekstrovert.

  1. Berilah diri Anda hadiah

Anda sangat menyukai musik? Tidak masalah, Anda bisa mendengarkannya setelah pekerjaan rumah selesai. Suka cokelat? Anda boleh memakannya hanya setelah olahraga.

Ini adalah formula yang simple. Ikatlah diri Anda dengan apa yang Anda senangi.

  1. Bangunlah rutinitas

Kapan itu terjadi? Dimana itu terjadi? Bagaimana cara memulai? Bagaimana akhirnya? Putuskan semua itu dan ulangi. Bangunlah rutinitas.

Rahasia untuk membuat sesuatu nyangkut di otak adalah dengan cara pengulangan. Pengulangan kebiasaan, khususnya jika hal itu dapat dilakukan setiap  hari, di tempat yang sama, akan mengajarkan otak untuk selalu mengingatnya dan membuatnya menjadi kebiasaan.

Jadi, jika Anda mengulangi kebiasaan baik secara teratur, rutinitas yang baik akan membuat Anda langsung melakukan kebiasaan itu sehingga mendorong Anda ke arah yang benar.

Di ringkas dari Email :Eric Barker: ebarker@ucla.edu

This entry was posted by admin on Saturday, July 15th, 2017 at 11:07 pm and is filed under Manajemen . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories