Beramal Melalui Cash Waqf Linked Sukuk

Wakaf, sesuai UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf  dan PP No. 42 Tahun 2006 tentang pelaksanaan UU Nomor 41 tahun 2004 adalah Perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut Syariah

Menurut jenisnya, wakaf bisa berbentuk asset tetap (tanah, bangunan dan lain-lain), asset bergerak selain uang saham, surat berharga permata, hap paten dll) dan uang.

Sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 29 tahun 2012 tentang Wakaf Uang,  menyatakan Wakaf Uang (Cash Wakaf/Waqf al-Nuqud)  adalah wakaf yang dilakukan seseorang, kelompok orang, lembaga atau badan hukum dalam bentuk uang tunai.  Termasuk ke dalam pengertian uang ini adalah surat-surat berharga.

Wakaf Uang hukumnya jawaz (boleh) dan  seperti wakaf dalam bentuka lainnya, Wakaf Uang hanya boleh disalurkan dan digunakan untuk hal-hal yang dibolehkan secara syar’I  dimana Nilai pokok Wakaf Uang harus dijamin kelestariannya, tidak boleh dijual, dihibahkan, dan/atau diwariskan.

Dalam hal wakaf uang, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan memiliki program wakaf uang yang disebut Cash Waqf Linked Sukuk(CWLS) Ritel seri  SWR001 kepada wakif individu dan institusi.

Penerbitan CWLS Ritel seri SWR001 tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah untuk mendukung Gerakan Wakaf Nasional, membantu pengembangan  investasi sosial dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia. Melalui CWLS Ritel seri SWR001, Pemerintah memfasilitasi para pewakaf uang baik yang bersifat temporer maupun permanen agar dapat menempatkan wakaf uangnya pada instrumen investasi yang aman dan produktif

Masa penawaran CWLS Ritel seri SWR001  berlangsung mulai 9 Oktober sampai dengan 12 November 2020. CWLS Ritel seri SWR001 memiliki tenor dua tahun, jatuh tempo pada  10 November 2022. Pada saat itu (jatuh tempo) Wakif sekaligus investor akan menerima kembali seluruh dananya (100%). CWLS Ritel  menawarkan tingkat imbalan/kupon tetap sebesar 5,5 persen per tahun, yang imbalannya akan disalurkan untuk program/kegiatan sosial yang memiliki dampak sosial dan ekonomi untuk masyarakat.
 
Penyaluran imbalan akan dilakukan oleh Nazhir yang kredibel yang ditunjuk oleh Lembaga Keuangan Syariah-Penerima Wakaf Uang (LKSPWU) dan disetujui oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator dan pengawas Nazhir untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan penyaluran dana imbakan CWLS, maka Nazhir wajib membuat laporan kepada BWI, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, dan wakif (pembeli CWLS).

Proses pemesanan pembelian CWLS Ritel seri SWR001 bisa dilakukan secara offline dilakukan melalui empat tahap yaitu mendatangi kantor mitra distribusi atau akses ke system online mitra distribusi, mengisi formulir akta ikrar wakaf dan pemesanan, membuka rekening tabungan, rekening Surat Berharga Negara, dan Single Investor Identification (SID), serta menyediakan wakaf uang di rekening tabungan.
 
Bagi masyarakat yang berminat membeli CWLS Ritel seri SWR001 dapat menghubungi/ mendatangi empat mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah, yaitu PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRISyariah Tbk, PT Bank Muamalat Tbk, dan PT Bank BNI Syariah.

This entry was posted by admin on Sunday, October 11th, 2020 at 7:48 am and is filed under Bisnis . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply