Dalam segala hal selalulah UPDATE

Yang namanya kurang kerjaan bisa terimplementasi dalam berbagai bentuk, salah satunya meng-hack website atau blog seseorang. Tentu saja ini pekerjaan dari si tukang Hack. Saya lebih senang menyebut mereka dengan kurang kerjaan (maaf-bagi si Hacker- tidak ada kehormatan Anda disana).

Dengan tujuan berbagi informasi (semoga bermanfaat) untuk siapa saja yang, blog-nya (khususnya wordpress) pernah atau sedang diserang oleh si”kurang kerjaan” tadi, Anda bisa mengamati tulisan ini, hasil dari pengalaman saya.

Ceritanya salah satu web saya terkena hack, telah cukup lama waktu berlalu untuk mencari salusi sendiri atas masalah tersebut, dengan berbagai experimen, akhirnya mencoba dengan cara penyembuhan hanya dengan mengupdate WordPress ke versi terbaru. Yap, sesederhana itu memang. Hanya dengan meng-update- ke seri terbaru WordPress. Blog kembali Normal. Alhamdulillah.

Upadate bisa dilakukan dari Cpanel atau WP Admin Anda. pengalaman saya, cukup melalui dashboard  WP Admin (dengan catatan, Anda telah bisa masuk melalui WP Admin).

Tapi sebelum itu download lah seluruh isi blog Anda, untuk menjaga-jaga jika segala sesuatu tidak berjalan dengan lancar (sebenarnya download ini disarankan secara berkala, bukan menunggu blog di hack).

Salah satu cara download yang gampang adalah dengan cara mendownload dari  dashboard wordpress Anda. Caranya : setelah masuk kedalam WP Admin, di dalam kolom kiri terdapat beberapa menu, pilih menu tools dan klik export. Halaman berikutnya adalah 3 pilihan data apa yang akan sobat export, yakni all content, post dan page.  Disarankan untuk memilih “all content” kemudian klik download export file. Simpan di komputer Anda.

Jika segala sesuatu tidak berjalan dengan lancar, dan blog Anda gagal di buka, maka restore  kembali data WordPress hasil backup Anda. Dan silakan cari dan coba  solusi lain.

Dan pelajaran pentingnya adalah: dalam segala hal selalulah UPDATE (jangan suka kudet).

 

 

This entry was posted by admin on Friday, May 31st, 2013 at 10:43 am and is filed under Kisah, testimoni . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply