Filosofi Dan Seni Gaple

Permainan gaple adalah permainan dengan kartu domino (terdiri atas dua pasang pemain). Permainan ini sangat popular di Indonesia, khususnya dijawa (gaple) dan sumatera (domino).  Penulis kurang paham apakah permainan ini juga popular di wilayah bagian Timur Indonesia?.  Tulisan berikut adalah filosofi  dan seni bercampur tips bermain gaple berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis, jika Anda berkenan (para suhu gaple yang saya hormati), tambahkanlah tipsnya dibagian komentar.

  1. Jujur adalah Karakter. Dalam bermain gaple harus JUJUR. Tidak boleh curang, seperti maen kode (berusaha berkomunikasi dengan teman dalam bentuk isyarat untuk memenangkan permainan). Seperti sabda seorang politikus senior di Kab. Muna mengatakan, “bagaimana saya mempercayai Anda jika dalam bermain kartu saja Anda tidak bisa jujur apalagi dalam kehidupan nyata”.  …jujurlah, fair lah dalam bermain, kecurangan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan.
  2. Pahami aturan. Setiap daerah berbeda aturan yang digunakan. Karena mungkin belum ada aturan secara nasional maupun internasional yang disepakati. Jika Anda tidak cepat menyesuaikan diri dengan aturan tersebut, Anda akan kewalahan.
  3. Konsentrasi dan Fokus adalah kunci kemenangan. Tidak dipungkiri hal ini adalah suatu keniscayaan dalam setiap permainan apapun. Jika Anda lengah, dan sampai lupa kartu yang tidak dimiliki oleh teman maupun lawan, permainan sudah setengah berakhir.
  4. Pahami karakter lawan maupun kawan. Beda lawan beda jurus, beda kawan beda irama permainan dalam gaple. Sesuaikan jurus dengan karakter lawan, dan serasikan irama permainan dengan kawan,  lalu baru tercipta seni bermain gaple.
  5. Pertahanan terbaik adalah menyerang. Anda mesti menekan lawan baik yang berada di atas, (sebutan bagi lawan membuang kartu sebelum Anda) apalagi yang berada di bawah tangan (sebutan bagi lawan membuang kartu setelah Anda).  Jangan biarkan mereka mengontrol permainan.
  6. Bandar Adalah Raja. Anda wajib melayani teman/pasangan jika dia Bandar (sebutan bagi teman yang membuang kartu pertama kali- sebutan ini bisa berbeda disetiap daerah), bahkan jika perlu mengorbankan kartu Anda walaupun sedang bagus, demi menjaga kawan untuk tidak “pass”, hingga akhir permainan. Tapi ketika situasi tidak berjalan normal, Anda bisa mengambil alih kendali permainan.
  7. Misterius adalah pangkal kemenangan. Jangan biarkan lawan mudah menebak kartu Anda. Bahkan ketika Anda hanya memiliki satu-satunya kartu yang ada, berpura-puralah Anda memiliki banyak pilihan.
  8. Perbagus Kartu Anda. Buanglah kartu yang jelek, tahan kartu yang bagus. Tips ini berguna jika Anda sedang Bandar. Tapi jika situasi permainan tidak sesuai dengan harapan,  Anda bisa membuang kartu besar, tahan yang kecil. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi nilai hitung kartu Anda.
  9. Kartu Bagus adalah segalanya. Bagaimanapun setengah kemenangan ditentukan oleh kartu yang bagus dan nyambung dengan kawan. Jika beberapa kali putaran, kartu anda dan partner masih jelek, ubahlah gaya kocokan kartu, kocoklah  lebih lama sebelum dibagikan. Potong kartu-bila perlu- sebelum dibagikan.

Anda ingin menambahkan?

This entry was posted by admin on Friday, April 7th, 2017 at 9:02 pm and is filed under persepsi . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories