Haji Dan Umrah Tiap Minggu?

Berapa biaya yang dikeluarkan jika Anda ingin berumrah saat ini, USD 15.000 – 20.000. Biaya untuk haji lebih mahal lagi plus daftar tunggu yang mencapai 10 tahun lebih di daerah tertentu. Sungguh mahal dan lama. Tidak berlebihanlah dikatakan bahwa menunaikan haji adalah rukun islam yang hanya diwajibkan bagi orang tertentu, yaitu orang yang mampu, baik dari segi harta maupun tenaga.

Tapi jangan putus asa. Ada pahala yang menyamai haji dan umrah. Pahala ini mudah didapat, tidak membutuhkan tenaga yang banyak, apalagi uang yang besar. Hanya membutuhkan komitmen dan waktu kita untuk menjalaninya. Perhatikan hadits sahih dibawah ini:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir memuji Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka dia mendapatkan pahala haji dan umrah. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan: Sempurna..sempurna..sempurna. (HR. Turmudzi 586, al-Bazzar 9314, dan dihasankan al-Albani).

Jadi syarat untukmendapatkannya adalah Anda harus melaksanakan rangkaian –rangkaian sebagai berikut; sholat subuh di mesjid, lalu duduk berdzikir (bisa membaca alquran/mendengar ceramah agama/amar ma’aruf nahi mungkar), kemudian pada sesaat setelah terbitnya matahari melakukan sholat sunnah dua rakaat (sholat isyraq).

Telah banyak berita di media online dan ceramah-ceramah tentang bahasan ini, namun tidak banyak orang yang benar-benar meresapi dan melaksanakannya.

Jika Anda seorang yang mampu melakukan amalan ini setiap hari, alangkah beruntung Anda. Namun jika Anda hanya memiliki waktu sekali dalam seminggu untuk melaksanakannya karena alasan pekerjaan dan lain hal, Anda juga masih tetap beruntung. Yang merugi adalah orang-orang yang tidak peduli dan tidak mau untuk mengerjakannya.

Perlu di catat bahwa amalan ini tidak menggugurkan kewajiban haji .

Wallahu a’lam

This entry was posted by admin on Sunday, October 11th, 2015 at 7:25 am and is filed under islam . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories