Karakter-Karakter Seorang Inovatif

 

Apakah Anda termasuk orang yang inovatif? Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat hasil beberapa studi dan penelitian berikut, dimana seorang yang inovatif memiliki karakter-karakter sebagai berikut:

  1. Memiliki keinginan untuk menambah pengetahuan dan berusaha untuk mengenali sebab-sebab dari segala sesuatu. Dia memiliki rasa ingin tau yang tinggi, keinginan untuk manambah pengetahuan dan keinginan untuk mengetaui hakekat (substansi) dari segala sesuatu atau kejadian. Dia selalu bertanya “Mengapa”?
  2. Dia selalu menulis setiap ide baru yang mungkin dapat mempermudah pekerjaan, memecahkan masalah atau untuk perkembangan dirinya. Teknik penulisan ide ini bisa di berbagai media yang dia senangi.
  3. Membuka kembali ide-ide yang dia tulis dan berusaha mempelajari ide-ide tersebut. Hal ini dimaksudkan agar ia tidak lupa akan ide-ide yang pernah ia tulis. Agar ide tersebut tidak sia-sia.
  4. Melontarkan ide-ide atau pendapat-pendapatnya kepada orang lain untuk mendapatkan respon terhadap perkembangan idenya.
  5. Berpikir dengan menggunakanberbagai cara (metode). Terutama untuk memecahkan masalah, dia tidak berpikir dengan satu solusi atau satu jenis respon saja, dia berusaha mencari solusi lain yang lebih baik, mencari alternatif-alternatif lain. Dia mendiskusikan dengan orang lain sehingga menemukan solusi terbaik untuk memecahkan masalah.
  6. Seorang yang berjiwa inovatif tidak terpengaruh ejekan, hinaan ataupun rintangan yang berasal dari orang lain. Dia terus saja melakukan percobaan terhadap ide-idenya dan temuan-temuannya dan berusaha untuk mewujudkannya.
  7. Seorang yang inovatif tidak menerima rutinitas atau konvensional yang biasa digunakan. Dia selalu berusaha memberikan yang terbaru. Dia berpikir, memperbaharui dan mencoba untuk mendapatkan solusi dan ide yang terbaik .
  8. Seorang yang inovatif tidak pernah merasa bosan untuk berusaha hingga terwujud tujuannya. Ide-ide yang kreatif dan cemerlang tidak lah datang dengan mudah dan cepat, tapi memerlukan usaha yang serius dan fokus.
  9. Seorang yang inovaif akan selalu memikirkan, mengamati dan mengkaji ulang semua pekerjaan, tugas dan tanggungjawabnya, dimanapun dia berada.

 

Dari 10 kebiasaan manusi sukses tanpa batas. Dr. Ibrahim Hamd Al-Qu’ayyid

 

This entry was posted by admin on Wednesday, September 24th, 2014 at 4:29 am and is filed under Manajemen . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Comments

  1. tiqom says:

    sumber kak kalau ada boleh dicantumkan 🙂

    • admin says:

      Salam kenal kembali sdr/i tiqom. Oya sumber tulisan dari buku karangan Dr. Ibrahim Hamd Al-Qu’ayyid yang berjudul 10 kebiasaan manusia sukses tanpa batas. (ada dibawah tulisan). terima kasih

    • admin says:

      sumber ada di akhir tulisan. makasih

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories