Lidah Yang Tajam

Lidah yang tajam bisa menusuk dan menerobos langsung menuju hati, menembus pertahanan tubuh dan lapisan-lapisan cakra tanpa hambatan. Dan ketika mengenai hati, bisa melukai melebihi efek senjata apapun. akibatnya …tidak bisa diduga.

Lidah tajam adalah suatu kata idiomatik yang bermakna praktek atau karakteristik berbicara kepada orang lain dengan cara yang keras, kasar, kritis, atau menghina.

Buddy Pine alias Syndrome adalah tokoh antagonis utama dalam film The Icredible. Buddy Pine awalnya adalah fans nomor 1 Mr Incredible. Dalam upaya untuk mendapatkan rasa hormat pahlawannya, Buddy Pine mencoba untuk membantunya dalam memerangi kejahatan sebagai “Incredi-Boy”. Mr.Incredible menolak tawaran Buddy dengan kata-kata kritisnya, Buddy Pine memendam kata-kata yang terasa  pahit buatnya selama bertahun-tahun dan membuatnya menciptakan kembali dirinya sebagai seorang jenius jahat yang merencanakan balas dendam pada mantan idolanya (Mr.Incredible).

Dikampungku, Seorang kakak menangis tersedu-sedu setelah mendengar kata-kata yang keluar dari lidah adiknya yang tajam, mengatainya tentang sesuatu, yang membuat hatinya menjerit melalui isakan tangis. Tanpa mampu menangkis tajamnya lidah sang adik dengan pembelaan kebenaran yang  ia yakini. Hanya bisa membatin…”biarlah karma menghampirinya”

Pada awal dakwahnya, Nabi Muhammad SAW mengajak kaum yang belum mengerti menuju kebenaran hakiki. Tidak jarang Nabi dan sahabatnya mendapat perlakuan yang menyakiti dengan ucapan maupun perbuatan dari kaum munafik dalam banyak hal. Dan sadisnya ucapan mereka diabadikan Allah SWT dalam Al-Quran surat al-Ahzab ayat 19. “…..dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka bakhil untuk berbuat kebaikan …( QS Al Ahzab ayat 19)” Dan pada akhirnya Allah SWT selalu memberikan keteguhan kepada nabinya dan kaum beriman.

Zaman ini, lidah yang tajam telah  bermanifestasi dalam bentuk digital yang bisa dibaca dan didengar. Efeknya bisa jadi sama. Tergantung jenis pertahanan diri dan pengetahuan sang pendengar dan yang melihat.

Hati-hatilah dengan kata-kata yang diucapkan. Akibatnya bisa saja tidak terduga bagi Anda. Bisa jadi akan kembali melawan Anda, atau karma menghampiri Anda, atau Allah SWT sang Maha Adil memberikan pertolongan bagi yang terzalimi. Diam lebih baik daripada mengucapkan sesuatu yang tidak bermanfaat, apalagi dengan lidah yang tajam.  

This entry was posted by admin on Saturday, January 14th, 2017 at 10:30 pm and is filed under kata kata . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

infopaytren.com
Categories