Sembilan Aturan Bisnis Jack Ma.

Pendiri dan Chairman dari e-commerce Alibaba, Jack Ma memiliki aturan bisnis yang membuat dia sukses dengan bisnis yang digelutinya. Dari berbagai rekaman pembiacaaran yang dia lakukan, dapat disimpulkan paling sedikit Jack Ma menganut 9 aturan bisnis yang ia lakukan dalam mengantar Alibaba seperti sekarang ini.

  • Think Outside The Box.

Lakukan sesuatu diluar arus mainstream, asalkan Anda yakin dengan apa yang dilakukan, walaupun semua orang menyebut Anda gila. Jack Ma awal mula merintis Alibaba memiliki keyakinan bahwa bisnis ini akan bermanfaat bagi banyak orang. Dia fokus terhadap apa yang diinginkan konsumennya. Dan jika apa yang Anda lakukan diterima pasar, cukuplah itu untuk meneruskan apa yang sedang diperjuangkan.

  • Lihat Peluang sebelum dilihat oleh orang lain

Ini masalah visioner. Anda mampu melihat apa yang belum dilihat orang lain akan terjadi di depan. Ini seperti Blu Ocean Strategy. Identifikasilah peluangnya dan lakukan aksi segera. Biasanya peluang ini ada di area yang belum banyak kompetitorya atau area baru. Anda dapat belajar bagaimana menjadi visioner. Yaitu menangkap peluang sebelum orang lain menangkapnya. Lalu jadilah Terdepan.

  • Kerjasama dengan Wanita

Jack Ma menasehati, “jika Anda ingin mebangun perusahaan yang sukses, maka pekerjakanlah sebanyak mungkin tenaga kerja wanita” mungkin Jack Ma melihat banyak kelebihan terhadap tenaga kerja wanita ini dibandingkan laki-laki.

  • Berpikirlah besar dan Ciptakan Ekosistem

Saat bisnis masih kecil, tidak banyak yang menerima manfaat dan tidak banyak yang terlibat. Namun ketika bisnis Anda sudah semakin besar, usahakanlah bisnis Anda dapat memberikan danpak sebesar-besarnya bagi banyak orang/vendor. Sehingga semakin mereka banyak terlibat, semakin mereka merasakan banyak manfaat dari bisnis Anda, maka mereka akan semakin mensupport bisnis Anda.

  • Miliki Tim yang Hebat

Bisnis ini adalah seperti tim olahraga. Tidak bisa berjalan sendiri tanpa melibatkan banyak pihak. Tidak peduli sehebat apa Anda, tidak perduli sejauh apa visi Anda, tapi jika Anda tidak memiliki tim yang komplit dan hebat maka semua akan sia-sia.

  • Work With Small Busineses

Prinsip Jack Ma “ Jika Anda bisa  menolong orang untuk menjadi sukses, maka mereka akan menolong Anda untuk sukses”. Kolaborasilah sebanyak mungkin dengan bisnis-bisnis kecil yang mendukung visi bisnis Anda. Maka bisnis Anda akan semakin sukses dan besar.

  • Traditional Education is important but not everything

Titel gelar yang Anda miliki sangat bagus. Tapi itu bukan segalanya. Yang membuat Anda layak berbisnis adalah spirit-spirit seperti mental juang tanpa menyerah, semangat belajar tanpa henti, team work, dan spirit-spirit lainnya yang kadang-kadang tidak  berhubungan dengan tingginya gelar yang Anda miliki.

  • Focus On Value, Mission, and People Training

Teknologi akan berubah, keinginan pasar akan berubah, banyak hal akan bisa berubah, dan yang membuat bisnis Anda tumbuh bukanlah seberapa bagus bisnis model yang Anda miliki, tapi bagaimana bisnis dapat memberikan nilai tambah pada banyak orang, dengan fokus kepada misi, fokus kepada pengembangan karyawan, fokus pada tim, fokus kepada custumer.

  • Follow the  Consumer to Business Model

Arah bisnis kedepan tidak lagi B to B, Atau B to C, melainkan C to B. Cunsumer to Business. Artinya bisnis harus selalu memperhatikan apa yang diinginkan kunsumen. Bisnis harus mengembangkan dan memberikan apa yang diinginkan oleh kunsumen, bukan apa yang diinginkan oleh bisnis.

Inspirasi dari video Dan Lok dengan judul “Jack Ma’s Top 9 Rules For Success

This entry was posted by admin on Saturday, April 11th, 2020 at 2:06 pm and is filed under Bisnis . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply